Pandansari Menanam…. Menanam sekarang, Untuk Kelestarian Esok……

Administrator 20 Februari 2017 16:17:34 WIB

(Pandansari-Ngantang) Jum’at, 10 Februari 2017, Warga Ngantang memperingati Hari Menanam Pohon Indonesia (HMPI) dan Bulan Menanam Nasional. Gerakan Penanaman ini dilatar belakangi oleh perubahan iklim secara global yang dampaknya adalah terganggunya ekosistem, tata air DAS, dan ancaman terjadinya bencana alam ( banjir, tanah longsor, dan kekeringan). Serta terganggunya ketahanan Pangan Nasional. Ini adalah untuk meningkatkan kepedulian seluruh komponen bangsa, akan pentingnya fungsi pohon yaitu menghasilkan oksigen, meningkatkan cadangan air, serta penurunan emisi gas rumah kaca serta mengajak seluruh komponen bangsa untuk melakukan penanaman secara berkelanjutan untuk merehabilitasi lahan.

Lokasi kegiatan yang dipilih adalah daerah Kali Sambong Desa Pandansari, Kecamatan Ngantang Kabupaten Malang. Dimana lokasi ini 3 tahun yang lalu mengalami dampak Erupsi Gunung Kelud, sungai dan sawah milik warga, bahkan jalan pengubung dusun terbawa derasnya arus lahar dingin. Bahkan jika kita lihat bersama, sisa-sisa 3 tahun silam masih dapat kita rasakan. Betapa dahsatnya kejadian kala itu. Infrastuktur sepert jempatan sudah dibangun, dan baru kuranglebih 1 bulan difungsikan oleh warga.

Dasar Hukum kegiatan ini adalah Sesuai dengan Keputusan Presiden RI No. 24 TA 2008 TENTANG HARI MENANAM POHON INDONESIA, bahwa setiap tahun pada tanggal 28 November dilakukan Peringatan Hari Menanam Pohon Indonesia dan Bulan Menanam Nasional. Tema Peringatan tahun ini adalah : Pohon dan Hutan Rakyat untuk Kehidupan, Kesejahteraan, dan Sumber Devisa Negara. Pencanangan Gerakan Penanaman dianjurkan satu orang penduduk untuk menanam minimal 25 pohon.

Kegiatan Penanaman, Sebelum hari H sudah dilaksanakan penanaman oleh masyarakat antara lain Sengon 43.876 Bibit, Muris 2.952 Bibit,Buah-buahan 700 Bibit, 850 Bibit, dengan total 48.378 Bibit. Pada Hari H, Sengon 5.000 Bibit, Muris 300 Bibit, Glodok 100 Bibit, Mahoni 500 Bibit, Cemara 100 Bibit, Total 6.000 Bibit

Peserta Upacara FORKOPIMKA(Foru Komunikasi Pimpinan Kecamatan), KA UPTD Pendidikan TK,SD dan PLS, KA UPTD SMPN 1, KA UPTD SMPN 2, KA UPTD SMPN 3 , KA UPTD SMPN 4, KA UPTD SMAN 01, KA UPTD Pengairan, KA Puskesmas, KA UPTD DPPKA, KA Dinas Pasar, KA Dinas Kehutanan, KA DisBun, Ka PDAM, Ka KUA, Ka Bina Marga/PU Provinsi, Ka KUD, Ka Sampoerna, Kepala Jasa Tirta, Kepala PLTA, PMI, ASPER, Perhutani,Kades, Sekdes, Ketua PKK Desa, dan Perangkat (13 Desa), Staf Kecamatan, DPL UMM, SIBAT, KSR, GAPOKTAN, BPD, Perangkat Desa Pandansari, RT/RW, Relawan Destana, PKK Desa Pandansari, Karang Taruna Desa Pandansari, Mahasiswa KKN Universitas Muhammadiyah, Mahasiswa KKN Universitas Tribuwana Tungga Dewi, Pelajar  SDN Pandansari 02, SDN Pandansari 03, SDN Pandansari 04, SMP PGRI 01, SMA Negeri 01, dengan jumlah 627 peserta.

Penghijauan ini, tidak bisa semerta-merta kita nikmati hasilnya saat ini. Namun jika bukan sekarang, kapan lagi? Kalau bukan kita, siapa lagi? Mari kita dukung dan laksanakan Gerakan 25 pohon. Artinya, diharapkan 1 orang dalam hidupnya menanam 25 pohon. Dengan estimasi 5 pohon saat SD, 5 pohon saat SMP, 5 pohon saat SMA,dan 5 pohon saat peruruan tinggi, dan 5 pohon saat dewasa.

(Apridhona)

Komentar atas Pandansari Menanam…. Menanam sekarang, Untuk Kelestarian Esok……

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
 

Komentar Terkini

Info Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutube

Lokasi Pandansari

tampilkan dalam peta lebih besar

Statistik Pengunjung

Hari ini
Kemarin
Jumlah pengunjung

Web GIS

PRODESKEL

Prodeskel

Portal PemKab Malang

Radio Streaming. Rakom Surya FM Ngantang