Permudah Koordinasi, BPBD dirikan Pos Pantau di Kecamatan Ngantang.

Administrator 22 Februari 2017 19:21:06 WIB

Di tahun 2017 ini, BPBD Kab Malang kembali mendirikan Pos Pantau. Hal ini karena kondisi cuaca yang sewaktu-waktu dapat membuat beberapa daerah di wilayah Kab. Malang berpotensi terjadi bencana. Di wilayah Barat Kabupaten Malang misalnya, dari laporan kejadian bencana dalam 1 bulan ini, terjadi longsor hingga menewaskan 1 orang warga Desa Mulyorejo Kec.Ngantang. Banjir dan longsor di Desa Pait Kec.Kasembon, yang membuat akses jalan penghubung 2 dusun terputus. Serta laporan lain terkait titik-titik longsor dan yang masih berpotensi terjadi longsor, baik di pemukiman warga, penghubung antar dusun, bahkan bahu dan badan jalan jalur provinsi.

Hal ini yang menjadi alasan mengapa Pos Pantau perlu didirikan. Yaitu untuk memudahkan koordinasi apabila terjadi bencana di salah 1 dari 33 kecamatan di Kab. Malang.

Pos didirikan di 3 Kecamatan, yaitu Tirtoyudo, Sumbermanjing Wetan, dan Ngantang, dengan 1 pos induk berada di Mako BPBD Kab.Malang.

 "Sesuai SK, pos pantau ini didirikan mulai tanggal 1 Januari 2017, dan berakhir pada 28 Februari 2017. Namun dapat diperpanjang bilamana kondisi alam belum stabil". Tutur Bagyo Setiono, Kabid Kedaruratan dan Logistik BPBD Kab Malang.

Pos yang diberi nama Posko Siaga Tanggap Darurat Banjir, Longsor, dan Puting Beliung Tahun 2017 ini di siagakan 24 jam dengan jumlah relawan 3 orang setiap harinya. Dengan petugas 1 orang relawan dari masing-masing kecamatan. Laporan harian dilakukan melalui radio pancar ulang dan via sosial media, dengan harapan mendapatkan informasi secepat dan seakurat mungkin.

Semoga dengan adanya Posko lapangan dapat mempercepat proses penanganan darurat termasuk pendistribusian bantuan logistik bagi korban terdampak bencana atau bantuan lainnya yg bersifat stimulus. 

                                                                                               

 

(Apridhona)

 

Komentar atas Permudah Koordinasi, BPBD dirikan Pos Pantau di Kecamatan Ngantang.

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
 

Komentar Terkini

Info Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutube

Lokasi Pandansari

tampilkan dalam peta lebih besar

Statistik Pengunjung

Hari ini
Kemarin
Jumlah pengunjung

Web GIS

PRODESKEL

Prodeskel

Portal PemKab Malang

Radio Streaming. Rakom Surya FM Ngantang