PELATIHAN TTG KELOMPOK TANI

Administrator 26 Desember 2017 17:05:28 WIB

Peningkatan kualitas SDM Pertanian di perdesaan mutlak diperlukan untk meningkatan perekonomian masyarakat desa. Meningkatnya kemampuan petani akan mendorong untuk meningkatnya kinerja usaha taninya sehingga akan mendorong peningkatan pendapatan yang berujung pada peningkatan kesejahteraan.

Kesadaraan ini dirasakan oleh Pemerintah Desa Pandansari Kecamatan Ngantang  Kabupaten Malang yang dipimpin oleh Kepala Desa Wanita Ibu Sitin, dengan menggelar pelatihan Teknologi Tepat Guna (TTG) untuk Kelompok Tani di Wilayahnya.

Pelatihan ini di di laksanan tanggal 21 Desember di di Balai Desa Pandansari yang melibatkan PPL Kecamatan Ngantang Ibu Reni, Bpk Fadholi dan Ibu Trisno Harmiati sebagai Nara Sumbernya.     

Materi TTG yang dilatihkan adalah pembuatan obat secara alami diantaranya Obat pelekat, Obat pembasmi serangga, Obat penyubur tanaman, Sehingga dapat dimanfaatkan untuk pupuk organik tanaman Bawang Merah Lombok dll.

Kepala Desa Pandansari, Ibu Sitin dalam sambutannya mengatakan, kegiatan ini bemaksud guna memberdayakan kelompok tani yang ada di wilayah Desa Pandansari

"Kami berharap para petani yang tergabung dalam kelompok tani mampu untuk menularkan dan memanfaatkan ilmu yang sudah didapatkan," ucapnya.

Lebih lanjut dikatakannya, pelatihan kali ini berlangsung selama 1 hari, di isi dengan pemaparan materi serta dilanjutkan dengan praktek langsung.

"Tentu diharapkan usai pelatihan ini bisa meningkatkan pengetahuan para kelompok tani yang ada sehingga menciptakan kesejahteraan ekonomi kelompok dan petani sekitarnya," pungkas Ibu Sitin.

 

Penulis  : Ian

 

Komentar atas PELATIHAN TTG KELOMPOK TANI

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
 

Komentar Terkini

Info Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutube

Lokasi Pandansari

tampilkan dalam peta lebih besar

Statistik Pengunjung

Hari ini
Kemarin
Jumlah pengunjung

Web GIS

PRODESKEL

Prodeskel

Portal PemKab Malang

Radio Streaming. Rakom Surya FM Ngantang