Study Kebencanaan PMR SMA I Sumber Puncung di Desa Pandansari

Administrator 24 Maret 2018 14:41:25 WIB

Pada tanggal 24 Maret 2018, Desa Pandansari kedatangan tamu dari PMR SMA I Sumber Pucung 60 orang beserta pendamping dari anggota PMI Kabupaten Malang dan 10 orang PMR SMA Negeri Ngantang Malang. Dengan tujuan ingin belajar tentang Kegiatan Pengurangan Resiko Bencana di Desa Pandansari.

Menurut keterangan yang disampaikan Bu. Sitin selaku Kades Desa Pandansari bahwa di Desa Pandansari ada beberapa upaya dalam Penanggulangan Bencana yang sudah dilakukan dalam upaya mengurangi resiko bencana di antaranya : adanya Perdes PB (Penanggulangan Bencana), didalamnya ada SK Relawan, SK Pengurus FPRB (Forom Pengurangan Resiko Bencana) sehingga dengan adanya perdes PB sebagai dasar untuk penganggaran  ADD/DD untuk kebencanaan guna mempersiapkan masyarakat tanggap dan tangguh dalam menghadapi ancaman bencana.

Ada Perdes, BKAD (Badan Kerjasama Antar Desa) guna membangun kerja sama baik antar desa yang mempunyai ancaman yang sama, dunia usaha dan pelaku PRB yang lain.

Ada Perdes SDA (Sumber Daya Alam) terkait perlindungan aset ekonomi masyarakat. Ditambah lagi keterangan yang disampaikan Kang Parno, Peran masyarakat dalam PRBBM (Pengurangan Resiko Bebasis Masyarakat) dengan tujuan untuk menghasilkan, pengurangan resiko dan kerugian dari bencana dalam kehidupan, mata pencaharian, kesehatan, aset ekonomi , fisik, social, budaya dan lingkungan. Dengan fokus tujuan mengurangi resiko (kerentanan) yang ada dan memperkuat ketahanan (kapasitas). Tanpa harus menunggu pihak luar. Karena masyarakat juga punya kapasitas.

Dengan melakukan aktifitas kegiatan-kegiatan untuk mengantisipasi Bencana, melalui pengorganisasian FPRB, seperti adanya Posko Destana, persiapan Sarana Komunikasi, pemasangan jalur evakuasi, EWS,Dokumen Kajian Risiko Bencana, Dokumen Renkon, peningkatan kapasitas masyarakat, ada Peta Jalur Evakuasi, Peta Resiko, Update Data, sekaligus tentang Rencana Aksi Komunitas di Desa.

Dengan demikian seandainya terjadi Bencana, masyarakat sudah ada Respon.

Pada intinya :

RB = Ancaman × Kerentanan

                 Kapasitas

Bukan rumus matematika tapi pendekatan unsur

Salam tangguh dari Desa Pandansari

Penulis : arno kusumo

editor   : ian

Komentar atas Study Kebencanaan PMR SMA I Sumber Puncung di Desa Pandansari

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
 

Komentar Terkini

Info Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutube

Lokasi Pandansari

tampilkan dalam peta lebih besar

Statistik Pengunjung

Hari ini
Kemarin
Jumlah pengunjung

Web GIS

PRODESKEL

Prodeskel

Portal PemKab Malang

Radio Streaming. Rakom Surya FM Ngantang