Pemanfaatan Website Desa Oleh KKN UM Desa Pandansari, Ngantang. Kabupaten Malang

Redaksi 04 Juli 2020 16:53:47 WIB

Universitas Negeri Malang (UM) merupakan salah satu perguruan tinggi negeri yang  berada di Malang. Kampus yang pernah dijuliki IKIP Malang ini juga aktif mengirimkan mahasiswanya dalam kegiatan sosial masyarakat salah satunya adalah dengan adanya program KKN (Kuliah Kerja Nyata).

KKN UM pada tahun ini diselenggarakan dengan cara yang berbeda dari biasanya. Hal ini terkait dengan adanya covid-19 yang menyebabkan UM mengusung tema KKN kali ini dengan istilah KKN edisi covid-19.  KKN yang biasanya menjadi ajang bagi mahasiwa untuk berbaur dan berkomunikasi langsung dengan masyarakat, berubah menjadi KKN yang bersistem daring atau online. Walaupun memang beberapa mahasiswa yang tinggal dekat di sekitar desa penempatan KKN yang diperbolehkan untuk turun ke lapangan dengan syarat protokol kesehatan covid-19. Selebihnya bagi mahasiswa yang berada jauh dari wilayah penempatan desa hanya diperbolehkan KKN lewat daring. Hal ini tentu menjadi kendala bagi mahasiswa yang masih berada di luar jangkuan desa yang tidak bisa berinterkasi langsung dengan masyarakat atau pihak desa.

Meski begitu, KKN UM masih dapat dijalankan secara produktif dan efisien. Hal ini terlihat pada salah satu kelompok KKN UM  yang bertempat di Desa Pandansari, Kecamatan Ngantang, Kabupaten Malang. Kelompok tersebut mengajukan beberapa program kerja dengan pihak desa untuk ikut menjaga serta mengembangan potensi produktivitas desa dalam masa pandemi covid-19 ini.

Misalnya, Kelompok 1 KKN UM Desa Pandansari yang beranggotakan Arif, Akmal, Nana, Isna, dan Kharisma berinisiatif untuk mengelola website desa dan menambah konten didalamnya yang salah satunya adalah fitur Web Map. Fitur ini bermanfaat untuk mengenalkan potensi desa, baik dari segi demografinya, produksinya maupun pariwisata ewat peta online.

Alasan kelompok tersebut untuk mengelola website desa adalah dikarenakan meminimalisir untuk turun langsung ke desa yang bersangkutan serta biaya yang relatif murah. Hal ini tentu menjadi inisiatif untuk proker KKN pada masa pandemi ini

Selain itu juga mengingatkan bahwasannya pemanfaatan website desa di Indonesia yang masih tergolong minim sehingga kurangnya pengenalan akan potensi sumber daya yang dimiliki oleh desa.

Oleh karena itu, kelompok 1 KKN berusaha untuk memanfaatkan web desa untuk lebih menggali potensi yang ada di desa Pandansari. Salah satu proker yang baru-baru ini sudah rampung tanggal 27 Juni adalah pembuatan peta website atau yang biasa disebut dengan Web Map. Kelompok tersebut telah berhasil membuat Web Map dengan data demografi setiap dusun diwilayah Desa Pandansari dengan total 7 dusun. Web Map tersebut juga menampilkan luas lahan setiap dusun, batas wilayah jumlah RT, KK, penduduk laki-laki dan perempuan, serta jumlah penduduk yang ada di wilayah Desa Pandansari.

Pak Isnaini atau kerap dipanggil dengan Pak Yan selaku admin dan pengelola website desa mengatakan bahwa Web Map ini berguna untuk pemetaan warga dan potensi yang ada di masing-masing dusun. “luas lahan pertanian sawah, tegalan, peternakan juga akan dipetakan” tambah Pak Yan ketika ditanyai manfaat Web Map pada tanggal 30 Juni 2020.

Web Map Desa Pandanasari sendiri dapat diakses melalui link berkut ini http://desa-pandansari.malangkab.go.id/index.php/first/artikel/453.

Komentar atas Pemanfaatan Website Desa Oleh KKN UM Desa Pandansari, Ngantang. Kabupaten Malang

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
 

Komentar Terkini

Info Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutube

Lokasi Pandansari

tampilkan dalam peta lebih besar

Statistik Pengunjung

Hari ini
Kemarin
Jumlah pengunjung

Web GIS

PRODESKEL

Prodeskel

Portal PemKab Malang

Radio Streaming. Rakom Surya FM Ngantang