Penyerahan E-book dan Vidio Edukasi Mitigasi Bencana oleh Mahasiswa Universitas Negeri Malang

Redaksi 09 Juli 2020 14:29:11 WIB

Ditengah pandemic covid-19 ini Tim KKN Regular Edisi Covid 19 Universitas Negeri Malang (UM) Desa Pandansari, Kecamatan Ngantang, Kabupaten Malang yang beranggotakan Afrinda Damayanti (FS), Alalwi Faridath Djawa (FIP), Aldita Nurul Burhan (FIS), dan Fira Afiantari (FIP) beserta dosen pembimbing Dra. Sulistyorini, M.Pd selaku dosen Fakultas Ilmu Keolahragaan turut membantu percepatan sosialisasi dalam tatanan New Normal melalui aktivitas wawancara untuk mengulas bencana alam yang dialami guna dijadikan bahan pembuatan video animasi mitigasi bencana di Desa Pandansari .

Salah satu dari tim mereka yaitu Fira Afiantari (FIP) sedang melakukan wawancara dan mengulas mengenai bencana yang sedang berpotensi dan narasumbernya adalah Bapak Parno selaku K.SI Kesejahteraan Desa Pandansari. Wawancara ini berlangsung di Kantor Desa Pandansari pada hari rabu tanggal 24 Juni 2020

Mengapa hal ini perlu karena bencana alam yang ada di desa pandansari dapat dikatakan bencana yang muncul secara rutin seperti yang telah dikatakan oleh Bapak Parno “Di desa Pandansari kayaknya rutin, apalagi letaknya di kisaran gunung kelud yang sering erupsi seperti pada tahun 2007 dan yang terparah pada 2014. Kelud bahaya primernya lebih besar dari bahaya sekunder yaitu banjir lahar yang menyebabkan empat jembatan kami yang menghubungkan antar dusun terputus dan longsor. Kemarin dapat bantuan dana perbaikan 19M. Namun untuk saat ini ketika kondisinya normal, kami hanya melakukan kesiapsiagaan, kalau nanti kelud statusnya berubah lagi ya kami harus mempersiapkan lagi”, katanya saat diwawancarai.

Adanya bencana alam yang memang sudah sering terjadi dan bahkan telah terdapat beberapa persitiwa bencana  alam yang merenggut nyawa masyarakat sekitar, contohnya saja pada saat tahun 2011 yaitu bencana alam tanah longsor yang menimbulkan dampak negatif yaitu 9 orang meninggal dunia, 5 orang luka parah, dan 2 orang trauma, dan dampak positifnya yaitu masayarakat lebih waspada dan lebih berhati-hati terutama yang sehari-harinya elakukan aktivitasnya dibawah tebing, dan tindakan dari Pengurangan Resiko Bencana (PRB) yaitu dilakukannya reboisasi dan sosialisasi kepada masyarakat agar mereka lebih berwaspada meskipun dengan keadaan daerah yang saat ini memiliki aman, karena bencana alam dapat datang secara tiba-tiba.

 Pada tanggal 7 Juli 2020  sendiri telah dilaksanakan penutupan KKN dan penyerahan produk dari tim tersebut yang berupa hardfile yaitu E-Book Siaga Bencana dan Poster Mitigasi Bencana Gunung Kelud yang telah diserahkan dari perwakilan tim penyusun yaitu Fira Afiantari (FIP) kepada pihak Desa Pandansari.

Hal tersebut diharapkan agar E-book, poster, serta video animasi mitigasi bencana yang telah dibuat dapat bermanfaat dalam memberi wawasan bagi seluruh warga desa pandansari tentang pentingnya melakukan pencegahan akan terjadinya bencana alam.

 

Vidio mitigasi bencana dapat diakses lewat link berikut ini: https://bit.ly/31J8inp  dan https://bit.ly/31EhYj9 

Link poster mitigasi bencana: https://bit.ly/3dXBXM9

Link E-Book Siaga Bencana: https://bit.ly/2Ao8MnE

Penulis (Fira)

Komentar atas Penyerahan E-book dan Vidio Edukasi Mitigasi Bencana oleh Mahasiswa Universitas Negeri Malang

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
 

Komentar Terkini

Info Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutube

Lokasi Pandansari

tampilkan dalam peta lebih besar

Statistik Pengunjung

Hari ini
Kemarin
Jumlah pengunjung

Web GIS

PRODESKEL

Prodeskel

Portal PemKab Malang

Radio Streaming. Rakom Surya FM Ngantang