Mahasiswa KKN Universitas Negeri Malang 2021 Melakukan Program Kegiatan Pendampingan Belajar pada Si

Operator Desa 02 Juli 2021 22:01:17 WIB

Pandemi Covid-19 memberikan dampak pada seluruh lingkup kehidupan, termasuk pendidikan. Pemerintah melakukan program Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) untuk mencegah penyebaran virus Covid-19. Pemberlakuan PJJ bukanlah tanpa kendala, berikut kendala yang dialami siswa saat belajar di rumah, yaitu kurangnya pemahaman materi pembelajaran yang diberikan oleh guru, menurunnya motivasi untuk belajar dan siswa belum mampu untuk belajar secara mandiri.

Kendala lain dari adanya PJJ adalah orang tua kurang mampu untuk mendampingi siswa karena kurangnya pengetahuan dan penggunaan teknologi guna mendukung proses belajar, serta aktivitas orang tua yang beragam. Mahasiswa hadir untuk melakukan program kegiatan pendampingan belajar guna mengatasi kendala yang dialami siswa. Tujuan lainnya adalah meringankan tugas orang tua untuk mendampingi siswa saat belajar di rumah dan membantu peran guru dalam mendidik siswa.

Program kegiatan pendampingan belajar di Desa Pandansari, Kecamatan Ngantang, Kabupaten Malang bertujuan untuk meningkatkan keterampilan menulis, membaca, dan berhitung, Sasaran program ini adalah siswa kelas 1 sampai 6 SDN 02 Pandansari. Program ini dilakukan 2 minggu sekali setiap hari Selasa dan Kamis, mulai pukul 15.30 - 17.00 WIB. Kegiatan pendampingan belajar diikuti 15 anak.

Kegiatan pendampingan belajar diharapkan dapat membantu siswa mengatasi kendala dalam proses pembelajaran. “Adanya kegiatan pendampingan belajar oleh mahasiswa KKN UM 2021 meningkatkan semangat belajar dan memperdalam materi yang dijelaskan guru”, ungkap Maulida Zakiatul Rohma (kelas 3). Fino Renanta Eka Mahardika (kelas 4) menambahkan bahwa terjadi peningkatan nilai ujian sekolah, yang sebelumnya 80 naik menjadi 90.

Fadlia Zulfitri dan Anisa Amalia Maisaroh selaku Penanggung Jawab Program Kegiatan Pendampingan Belajar menyatakan senang dapat membantu mengatasi kendala belajar yang dihadapi siswa SD Negeri 02 Ngantang. “Harapannya semoga dengan adanya kegiatan yang dilakukan dapat menumbuhkan motivasi belajar siswa, mengatasi kendala yang dialami siswa selama Pembelajaran Jarak Jauh, memberi penguatan materi yang telah disampaikan guru, dan meningkatkan prestasi siswa”.

Kegiatan pendampingan belajar dilakukan dengan mematuhi protokol kesehatan, seperti mencuci tangan dan menggunakan masker. Kegiatan awal adalah berdoa, dilanjutkan perkenalan mahasiswa KKN UM dan siswa secara bergantian, kemudian kegiatan inti (belajar) dan diakhiri dengan berdoa. Pendampingan belajar kelas 1 dan 2 berfokus pada kegiatan belajar menulis dan membaca. Kelas 3, 4 dan 5 difokuskan untuk terampil berhitung dan kelas 6 berfokus pada penguatan materi pembelajaran. Kegiatan pendampingan belajar berjalan dengan baik dan lancar, siswa juga antusias dengan adanya pendampingan yang dilakukan.

Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
 

Komentar Terkini

Info Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutube

Lokasi Pandansari

tampilkan dalam peta lebih besar

Statistik Pengunjung

Hari ini
Kemarin
Jumlah pengunjung

Web GIS

PRODESKEL

Prodeskel

Portal PemKab Malang

Radio Streaming. Rakom Surya FM Ngantang